Sabtu, 18 April 2015

Tari Tor Tor Budaya Sumatera Utara



Tor Tor adalah tari yang identik dengan sekelompok orang yang berasal dari wanita Batak Toba. Gerakannya sangat periang serta sedikit monoton.Walau demikian, tari yang berasal dari Suku Batak di pulau Sumatera ini memiliki daya tarik tersendiri.Selain itu, tarian ini juga memiliki beberapa histori serta makna tersendiri terutama bagi masyarakat yang tinggal di Sumatera.

tari-tor-tor-budaya-sumatera-utara

Pada awalnya Tari Tor Tor hanya ditemukan pada masyarakat Suku Batak yang tinggal di Pulau Samosir. Setelah itu pada tahun 1973 Tari Tor Tor mulai dikembangkan dan banyak dikenal oleh masyarakat, tidak hanya di Sumatera melainkan juga di beberapa pulau di Indonesia.
Tarian ini adalah tarian yang sering ditampilkan pada upacara-upacara tertentu, terutama ketika terdapat kematian. Ada tiga jenis Tari Tor Tor yang banyak dikenal. Diantaranya, adalah:
·         Tari Tor Tor tunggal panaluan
·         Tari Tor Tor sipitu cawan, dan
·         Tari Tor Tor pangurason.
Setiap tari memiliki makna berbeda-beda.Misalnya Tari Tor Tor pangurason. Tari ini adalah tari pembersihan yang bisa tampilkan pada acara besar seperti pesta. Pembersihan tersebut bukan berarti pembersihan secara harafiah melainkan pembersihan menurut spritual. Biasanya lokasi akan dibersihkan dengan media jeruk purut. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan atau untuk menghindari musibah selama pesta berlangsung.
Pada saat ini Tari Tor Tor sudah menjadi salah satu warisan budaya yang menjadi ikon Pulau Sumatera terutama di masyarakat Batak.

Sejarah awal Tari Tor Tor
Menurut keterangan yang ada,Tari Tor Tor sudah ada sejak abad ke-13 di Sumatera Utara.Pada zaman dahulu, nenek moyang Suku Batak yang berasal dari Burma menggunakan Tari Tor Tor sebagai ritual yang menghubungkan antara dunia yang kita tempati dengan dunia roh.
Tari Tor Tor juga berkaitan dengan adat istiadat dalam menghormati sang penguasa alam, arwah para luhur. Dan saat ini sering digunakan untuk menyambut para tamu kehormatan.
Biasanya tarian ini juga dibawakan pada pesta biusyaitu ritual pengorbanan hewan, pesta sharing, sharing yaitu membersihkan tulang belulang, serta mangase taon yaitu pada pesta tahun baru.
Tarian ini memiliki kostum yang boleh dibilang cukup unik dan menarik.Warna merah lebih dominan ditemukan pada kostum Tari Tor Tor. Busana tersebut biasanya dibuat dari tenun asli orang batak yang disebut ulos. Sedangkan aksesoris tambahan seperti pernak-pernik hanya digunakan untuk memeriahkan penampilan sang penari.
Tari Tor Tor dibagi menjadi 7 (tujuh) bagian, yang pertama yaitu gondang mula mula, kedua gandang dewata ketiga gerakan rampak dengan liukan pinggang serta kedipan mata dan gerakan jari tangan. Bagian keempat dan kelima merupakan tarian kisah yang dimaksudkan sebagai persembahan. Bagian keenam adalah Tor Tor Sitioti dan bagian terakhir atau ketujuh adalah bagian dimana penari memainkan Ulos sambil meneriakan kata “Horas..!!”.

Sabtu, 11 April 2015

Keindahan Tersembunyi di Wisata Gili Air



Gili Air adalah pulau terdekat dari dataran pulau Lombok, dari ketiga pulau yang ada di gugusan gili, Gili Air berada di urutan kedua dari Gili Trawangan sebagai gili terbesar, di pulau ini pengunjung bisa menemukan hijaunya rerumputan dan pemandangan alam yang sangat luar biasa indah, pemandangan alam tersebut tidak akan anda temukan di dua gili yang lain yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno. Di Gili Air banyak terdapat pohon kelapa dan pemandangan indah lainnya.

keindahan-tersembunyi-di-wisata-gili-air


Akomodasi Gili Air
Walaupun sudah terdapat listrik di Gili Air, akan tetapi listrik tersebut terkadang sering mati. Selain itu, di tempat ini sudah ada ATM sehingga anda tidak perlu repot untuk pergi ke Gili Trawangan jika memerlukan uang tambahan. ATM yang ada di Gili Air bisa menerima Visa, Mastercard, Cirrus dan Maestro.
Beberapa cafe dan bar menyediakan Wi-Fi dengan jaringan 3G yang kecepatannya tidak begitu stabil, jadi boleh dikatakan bahwa komunikasi di tempat ini jauh dari kata memadai. Hal tersebut memang wajar adanya, disini anda tidak akan menemukan akomodasi seperti di Mataram atau di daerah Bali lainnya, di tempat ini anda akan menemukan berbagai penginapan dan bentuk-bentuk hiburan yang lebih sederhana dibandingkan dengan Gili Trawangan. Akan tetapi, ketenangan, keindahan alam, serta sejuknya udara adalah bagian terpenting mengapa seseorang rela mengeluarkan banyak uang untuk datang ke tempat ini.
Penginapan di tempat ini didominasi oleh bungalow, dan beberapa villa yang di desain kontemporer, pondok dan kamar memiliki bentuk dan tempat yang sangat menarik. Pondok dan bungalow biasanya berada di sepanjang pantai.
Di antara bungalow dan hotel di Gili Air, juga terdapat cottage yang didesain dengan gaya bangunan khas sasak, desain cottages tersebut menggunakan identitas asli bangunan Lombok, biasanya penginapan ini banyak digunakan oleh mereka yang berkunjung bersama keluarga.
Jika anda ingin menggunakan penginapan yang lebih berkelas, anda bisa memilih villa yang terdapat di atas karang, biasanya villa tersebut dilengkapi dengan kolam renang, restoran, dan berbagai kamar yang menarik. Tempat ini biasanya dihuni oleh mereka yang memiliki budget menengah ke atas.

Rute Gili Air
Pulau ini dihubungkan dengan perahu kecil baik dari Gili Air ke Gili Trawangan atau dari Gili Air ke Gili Meno. Biasanya perahu akan berangkat dari Gili Trawangan menuju Gili Air pada pukul 09:30 dan pukul 16:00.
Biaya yang akan anda keluarkan adalah sekitar Rp. 25.000, namun penyebrangan tersebut hanya sampai Gili Meno, lalu kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Gili Air pada pukul 09:45 dan pukul 16:15 dengan biaya sekitar Rp. 23.000. Jika anda tidak ingin menunggu lama anda bisa mencarter kapal dengan biaya Rp 200.000.

Kelebihan Gili Air
Gili Air adalah tempat berenang yang sangat sempurna dan tempat melakukan snorkeling, menyaksikan terumbu karang, dan lain-lain. Tempat ini benar benar aman asalkan anda tidak berenang terlalu jauh ketengah. Biasanya perlengkapan snorkeling bisa anda sewa dengan harga sekitar Rp 50.000 untuk setengah hari.

keindahan-tersembunyi-di-wisata-gili-air.

Disini anda tidak akan menemukan dunia malam yang gemerlap seperti di Gili Trawangan. Namun, di tempat ini masih terdapat beberapa tempat hiburan yang bisa membuat anda sedikit tersenyum.
Beberapa bar populer yang ada di tempat ini diantaranya adalah Pojok Bar, Legend Bar, Star Bar, Zipp Bar, dan Frangipani Garden Restaurant.
Selain itu, terdapat juga Gili Air Santai yang terkenal dengan masakan thailand-nya dan Fatamorgana Coffee Bar yang biasanya banyak dikunjungi pada saat sarapan.

Minggu, 05 April 2015

5 Tujuan Wisata di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi



Sumatera Utara adalah salah satu tujuan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan alam serta budaya.Ada banyak objek wisata di Sumatera Utara yang bisa anda kunjungi di antaranya adalah:

tujuan-wisata-di-sumatera-utara.

1.     Air Terjun Sipiso Piso
Air terjun yang berlokasi di Desa Tongging,Sumatera Utara ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah dan air terjun yang deras.Kata sipisopiso yang berarti “pisau” dalam Bahasa Indonesia menggambarkan bagaimana derasnya air yang mengalir dan menusuk seperti pisau.
Air Terjun Sipiso Pisomerupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia.Jika anda kebetulan berada di Sumatera Utara cobalah untuk mengunjungi Desa Tongging untuk menikmati wisata alam yang satu ini.
2.     Danau Toba
Di Indonesia salah satu danau yang paling banyak dikenal oleh masyarakat adalah Danau Toba.Sejak SD dulu kita sudah mempelajari dan diberikan sebuah cerita yang sangat menarik tentang legenda Danau Toba.Jika anda mengidam-idamkan pemandangan alam yang sejuk dan nyaman,makadanau inimerupakan tujuan wisata anda selanjutnya.
Danau Toba memiliki panjang sekitar 100 meter dan lebar sekitar 30meter.
Sejatinya,Danau Toba adalah danau vulkanik yang saat ini memiliki fungsi sebagai tujuan rekreasi.Ada banyak fasilitas akomodasi yang bisa anda temukan di sekitar Danau Toba.
3.     Taman Nasional Gunung Leuser
Tujuan wisata selanjutnya yang bisa anda tujuh adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara.Luasnya taman ini menyebabkan Taman Nasional Gunung Leuser juga masuk ke wilayah Aceh.
Disini anda bisa menikmati keindahan alam serta flora dan fauna khas Sumatera.
4.     Istana Maimun
Istana Maimun merupakan tempat yang paling terkenal di kota Medan.Istana peninggalan Kerajaan Deli yang digunakan sebagai museum ini merupakan tempat bersejarah yang sangat penting di Sumatera Utara.
Istana ini berdiri di atas lahan seluas 2.700 meter persegi dan memiliki 30 ruangan dengan interior yang menarik.Sejenak jika kita melihat istana ini, akan tergambar perpaduan budaya Islam,Melayu dan Eropa.
Kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat ini diantaranya adalah, berkunjung untuk mengenang sejarah perjuangan serta kebudayaan Sumatera Utara.Ada banyak koleksi benda-benda peninggalan raja dan masyarakat zaman dahulu di tempat ini.Selain itu, di istana ini juga terdapat koleksi foto-foto keluarga sultan dan berbagai jenis senjata yang digunakan raja dan prajurit.
5.     Salju panas
Mungkin anda akan mengernyitkan dahi ketika mendengar kata“salju panas”, bagaimana bisa ada salju yang panas?Objek wisata yang berada di Desa Dolok Tinggi Raja,Sumatera Utara ini merupakan salah satu kawasan yang boleh dikatakan sangat unik.Tempat ini mirip dengan danau dan memiliki tanah berwarna putih.Di tengah danau tersebut terdapat sumber air panas yang sering dimanfaatkan sebagai tujuan wisata oleh penduduk sekitar maupun penduduk Sumatera Utara.
Perpaduan antara tanah yang berwarna putih dan sumber air panas tersebutlah yang menyebabkan tempat ini dinamakan Salju Panas.