Minggu, 29 Maret 2015

5 Tempat Pertunjukan Seni Di Bali



Bali yang kita kenal kaya akan keindahan alamnya, budaya serta memiliki nilai seni yang tinggi merupakan salah satu tujuan para pelancong dari berbagai penjuru dunia. Apa yang ditawarkan oleh Bali merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. 
 Anda juga bisa menikmati berbagai pertunjukkan atau pentas seni budaya di beberapa tempat selain itu biasanya pentas seni budaya di Bali dipertontonkan dalam satu paket wisata di hotel maupun di tempat-tempat tertentu. Nah jika anda kebetulan datang ke Bali untuk berwisata atau rekreasi menikmati keindahan alam dan pantai, tidak ada salahnya jika anda mampir ke beberapa tempat berikut ini di mana anda bisa menemukan dan melihat seni pertunjukan khas Bali.

5-tempat-pertunjukan-seni-di-bali

Beberapa tempat pertunjukan seni di Bali, diantaranya adalah:

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana terdapat di daerah jimbaran atau uluwatu. Di tempat ini sering diadakan event-event besar serta pertunjukan seni. Jika pertama kali anda datang ke Garuda Wisnu Kencana anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan dengan adanya bukit-bukit batu kapur yang dibentuk menjadi kotak-kotak persegi panjang yang terlihat sangat unik dan menarik.
Tempat ini memiliki area parkir yang cukup luas dan menyajikan pentas seni atau pertunjukan seni mulai dari pagi hingga malam hari.
Beberapa pertunjukan yang digelar di tempat ini diantaranya adalah
·         Instrumen gamelan rindik pada pagi hari di mulai dari jam 9 hingga 10.
·          Tari barong keliling di mulai dari jam 10 hingga jam 12.
·         Kemudian pada pukul 16 hingga pukul 17 anda bisa menyaksikan instrumen gamelan rindik serta Balinese dance.
·         Selanjutnya pada pukul 17 hingga pukul hingga pukul 18.30 anda bisa menyajikan joged bumbung dan juga tari kecak garuda wisnu.
Taman Budaya Bali Bali Art Center
Taman budaya yang terletak di jalan nusa indah denpasar tersebut merupakan bangunan yang didirikan untuk tempat dilangsungkannya berbagai pementasan seni serta budaya khas Bali. Tempat ini dibangun di atas tanah seluas 15 hektar. Hanya saja, di tempat ini anda tidak bisa menyaksikan pementasan seni setiap hari melainkan pementasan seni hanya berlangsung pada bulan-bulan tertentu seperti bulan juni sampai dengan juli. Pada bulan tersebut anda bisa menyaksikan pementasan seni selama satu bulan penuh.

Gedung I Ketut Maria
Gedung i ketut maria yang terdapat di jalan gunung agung tabanan merupakan salah satu tempat yang juga sering menyajikan pertunjukan-pertunjukan seni khas Bali serta budaya. Beberapa seni yang sering dipertunjukan di tempat ini diantaranya adalah tarian-tarian kreasi.

Bali Nusa Dua Theater
Bali nusa dua theater sering menghadirkan hiburan serta atraksi kesenian tradisional Bali dan kesenian tradisional yang ada di indonesia. Tempat ini terletak di komplek BTDC Nusa Dua dan tidak terlalu jauh dari pusat perbelanjaan sogo.

Institute Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Institute Seni Indonesia (ISI) Denpasar adalah tempat  berikutnya yang bisa anda tuju apabila anda ingin menyaksikan berbagai pertunjukan seni. ISI Denpasar terletak di jalan nusa indah denpasar Bali. Biasanya para mahasiswa yang belajar di tempat ini sering membuat pertunjukan-pertunjukan seni seperti tari, dan seni drama.

Jumat, 20 Maret 2015

Gili Trawangan, Pulau Dengan Seribu Kedamaian



Pulau Lombok memang memiliki keindahan alam dan objek wisata yang tidak diragukan lagi. Salah satu tujuan wisata yang banyak diakses akhir-akhir ini adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari tiga pulau yang ada di gugusan gili yaitu Gili Air dan Gili Meno. Gili Trawangan sangat menarik, hal itu terbukti dari banyaknya wisatawan yang datang, terutama dari mancanegara. 

gili-trawangan-pulau-dengan-seribu-kedamaian

Objek Wisata
Pantai pantai di gili memiliki keindahan pasir putih dan air yang berwarna biru jernih. Pulau gili memiliki posisi yang sangat sempurna untuk menyaksikan sunrise dan sunset. Sunrise bisa anda saksikan diantara gunung Rinjani di Lombok, sedangkan sunset bisa anda saksikan di antara gunung Agung Bali. Sekitar 30 tahun yang lalu, gili hanya dihuni oleh beberapa pelaut dan nelayan saja. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu para petualang kemudian mengembangkan Gili Trawangan menjadi sebuah pantai yang bernuansa surga.
Saat ini Gili Trawangan telah menjadi sebuah pusat, atau tujuan berwisata banyak orang. Hampir semua usia serta keluarga dari berbagai latar belakang dan negara berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya. Dibangunnya hotel-hotel, villa mewah, bungalo, bar, cafe dan berbagai fasilitas untuk anak-anak membuat pulau ini semakin terkenal. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat tempat penitipan bayi, dan berbagai kegiatan lainnya. Sehingga anda bisa menikmati liburan dengan nyaman dan puas.
Pulau Gili Trawangan menawarkan kegiatan snorkeling dan menyediakan juga peralatan snorkeling. Ada sekitar 25 tempat menyelam atau spot diving yang ada di pulau ini. Akan tetapi cobalah untuk selalu waspada terutama terhadap arus yang sangat kuat. Peralatan snorkeling di sana sewa dengan harga yang relatif murah yaitu 50 ribu untuk setengah hari. Di Gili Trawangan tidak akan anda temukan banyak penjaja makanan liar. Sehingga, suasana tersebut akan membuat anda sangat merasa nyaman ketika berkunjung ke tempat ini.
Selain snorkeling dan menyelam, berjemur dan menikmati suasana pantai di Gili Trawangan tanpa gangguan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kegiatan lain yang juga bisa anda lakukan adalah memancing. Jika anda ingin anda juga bisa ikut dengan nelayan melakukan perjalanan pelaut.
Akomodasi & Transportasi
Di pulau ini, semua transportasi bermesin tidak diperbolehkan. Satu-satunya transportasi yang bisa anda gunakan untuk berkeliling adalah berjalan kaki atau menggunakan gerobak kuda yang dikenal dengan nama cidomo. Dan baru-baru ini telah masuk mesin atm yang digunakan untuk mempermudah para wisatawan dalam bertransaksi.
Fasilitas lainnya yang bisa anda temukan di tempat ini adalah perahu yang digunakan untuk membawa penyelam ke spot diving yang mereka inginkan. Dimana terumbu karang dan ikan hias merupakan pemandangan utama yang selalu diburu.
Akses
Jika anda ingin menuju ke tempat ini, kita bisa menghabiskan waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu. Untuk mengakses gili anda bisa datang ke lombok barat dan cobalah untuk berhenti di teluk nare. Dari sana anda bisa melakukan penyebrangan menuju Gili Trawangan. Atau bagi anda yang datang dari Pulau Bali, anda bisa naik speed boat melalui pantai Sanur atau Pelabuhan Padang Bai. Waktu yang ditempuh kira-kira sekitar 2 jam perjalanan laut.

Minggu, 08 Maret 2015

Eksotisme Pantai Nyang Nyang Bali



Pantai Nyang Nyangadalah salah satu pantai tersembunyi yang sangat exotic dan terkesan sangat alami. Mungkin pantai ini tidak terlalu terkenal akan tetapi bukan berarti bahwa pantai ini tidak indah. Letaknya yang tersembunyi ditempat yang terkesan rahasia menyebabkan pantai ini jarang dijamah oleh wisatawan.

eksotisme-pantai-nyang-nyang-bali


Objek Wisata Pantai Nyang Nyang Bali
Untuk bisa mengakses Pantai Nyang Nyang kita akan melalui jalan yang sempit, berkelok kelok dan sedikit ramai. Perjalanan menuju pantai ini akan menanjak dan menurun sehingga anda sampai di Semenanjung Nusa Dua. Ketika anda melakukan perjalanan menuju Pantai Nyang Nyang, anda akan melihat hamparan rerumputan yang hijau. Di sepanjang perjalanan anda juga akan menikmati berbagai bentuk aktivitas kehidupan sehari hari masyarakat Bali.
Setelah itu anda akan melalui sebuah hutan kecil yang dipenuhi bunga-bunga yang indah dan bungalow tersembunyi. Bungaow-bungalow tersebut dibangun oleh mereka yang ingin terhindar dari keramaian kota. Dan di ujung jalan anda akan menemukan sebuah restoran kecil yang lengkap dengan kolam renang serta memiliki beberapa fasilitas.
Setelah itu beberapa ratus meter ke depan anda akan melihat bibir Pantai Nyang Nyang yang berpasir putih yang masih sangat alami. Air laut di tempat ini berwarna biru langit dan memiliki gelombang yang lumayan besar.
Pantai Nyang Nyang yang terletak di balik karang tersembunyi, membuat wisatawan harus membutuhkan energi extra untuk sampai di tempat tersebut. Karena pengunjung harus menuruni sebuah tebing . Jika anda ingin berkunjung ke pantai ini, sangat tidak disarankan untuk membawa anak-anak karena kondisi jalannya.
Bagi  anda para penikmat surfing, maka tempat ini adalah tempat yang cocok bagi anda. Perlu di ketahui, anda tidak bisa berenang dan tidak disarankan untuk mandi terutama ketika gelombang sedang besar.

Akses
Untuk menuju tempat ini, anda bisa berkendara menuju pura uluwatu dan setelah melewati cafe uluwatu beloklah ke arah kiri setelah 100 meter anda akan melihat pintu gerbang yang berupa pilar berwarna putih dan terdapat beberapa warung serta laundry di sekitar tempat tersebut. Setelah itu belok ke arah kanan hingga anda menemukan tanda yang bertuliskan Pantai Nyang-Nyang.
Jika anda mengakses tempat ini dari Bandara Ngurah Rai, kemungkinan besar anda akan berkendara kurang lebih 1 jam dengan jarak sekitar 32 km.
Pantai ini tidak memiliki sarana prasarana yang layak karena Pantai Nyang Nyang belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Tidak ada hotel dan penginapan serta fasilitas lainnya di tempat ini. Oleh karena itu anda tidak bisa datang pada sore hari. Cobalah untuk datang ke tempat ini pada pagi hari dan kembali sebelum gelap.

Rabu, 04 Maret 2015

Eksotisme Labuhan Bajo



Labuan Bajo akan menjadi persinggahan pertama bagi siapapun yang berkunjung ke Flores.Tidak peduli apakah anda tiba dengan pesawat, atau dengan perahu sekalipun.
Menurut laporan pemerintah Kota,Labuan Bajo adalah kabupaten yang paling berkembang saat ini. Dalam 3 tahun terakhir Pelabuhan Bajo telah memiliki perkembangan dua kali lipat dan populasinya pun semakin bertambah. Hal ini karena pengunjung Internasional yang datang ke Labuan Bajo meningkat. Terlebih dengan adanya Taman Nasional Komodo.

eksotisme-labuhan-bajo

Hal ini tentu saja menjadi kabar yang sangat baik terutama bagi pemuda-pemuda yang ada di Flores. Itu artinya, mereka bisa mengelola tempat ini menjadi lapangan pekerjaan.
Labuhan Bajo seperti kota pelabuhan kebanyakan di dunia, hotel-hotel dan restoran tumbuh seperti jamur dimusim hujan dan berusaha mencari keuntungan. Selain itu, agen traveling menjadikan Labuan Bajo sebagai lahan basah mereka.
Dari Labuan Bajo anda bisa pergi ke mana pun yang anda inginkan, mulai dari Lombok, Sumbawa, atau anda juga bisa menuju ke Pulau Komodo dan berbagai tempat di Flores lainnya yang populer.
Penginapan yang ada di tempat ini serta restoran yang bertaraf internasional semuanya menyediakan kenyamanan untuk anda. Dan tentunya dengan harga yang lebih bersaing.
Di tempat ini pemandangan alam boleh dikatakan sangat dramatis karena menyajikan keindahan yang luar biasa. Disini, di Labuan Bajo anda bisa melakukan apapun yang anda inginkan mulai dari berwisata, berbelanja souvenir di jalan Yos Sudarso,atau mencari kain ikat lokal serta kain tenun songket dan berbagai kerajinan tangan khas flores lainnya.
Jika anda berkunjung ke pelabuhan bajo,sama seperti beberapa tempat di wilayah timur Indonesia,anda harus berbekal losion anti nyamuk dan obat malaria. Karena tempat ini memang masih memiliki banyak hutan yang di huni nyamuk malaria. Dan tidak lupa juga anda harus membawa topi, sun block, serta kacamata hitam karena cuaca di tempat ini sangat panas.
Pulau-pulau yang mengelilingi Labuan Bajo kebanyakan belum berpenghuni. Akan tetapi, pulau-pulau tersebut memiliki pemandangan yang luar biasa. Beberapa pantai di sekitar Labuan Bajo menawarkan keindahan dan pesonanya sendiri. Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti menyelam dan senorkeling. Beberapa pulau terdekat seperti Pulau Kanawa atau Pulau Kukusan juga biasanya dijadikan sebagai spot diving.