Jumat, 27 Februari 2015

5 Tips Berwisata ke Bali Yang Harus Anda Perhatikan



Tidak hanya turis yang datang dari luar negeri, kita yang ada di Indonesia pun seringkali mengidolakan Bali dan menjadikannya sebagai salah satu pulau yang harus dikunjungi. Bali memang memiliki nuansa yang berbeda, serta banyak memiliki pantai-pantai indah dan unik. Pemandangan alamnya luar biasa. Keindahan pulau Bali bahkan semakin bertambah dengan budaya dan adat istiadat yang mereka pegang.

5-tips-berwisata-ke-bali-yang-harus-diperhatikan

Tidak sedikit dari mereka yang pernah datang ke Bali merasa terpesona dan ingin kembali suatu saat nanti.
Sedangkan bagi anda yang tidak pernah datang ke Bali, mungkin beberapa tips berwisata ke Bali berikut ini bisa anda manfaatkan agar anda bisa berlibur dengan nyaman dan aman.
1.       Transportasi
Jika anda menggunakan pesawat untuk datang ke Bali, maka anda akan turun di Bandara Ngurah Rai. Kemudian dari sana anda bisa menggunakan taksi menuju hotel yang ingin anda tuju. Namun, jika anda ingin menggunakan jasa transportasi yang telah disiapkan oleh hotel maka itu juga adalah pilihan yang baik.
Tidak seperti daerah lainnya di Indonesia, Bali adalah salah satu pulau yang sedikit berharga lebih mahal dibandingkan dengan pulau-pulau lain. Oleh sebab itu, anda harus memiliki budget yang sedikit lebih banyak untuk transportasi. Di Bali anda tidak akan menemukan transportasi umum seperti angkot.
Jika anda sudah sampai di hotel anda bisa keluar ke beberapa tempat dan menyewa sepeda motor dengan harga Rp. 40.000,- – 50.000,- per hari. Ini merupakan alternatif transportasi yang paling murah untuk pulau Bali. Hampir di setiap sudut pulau Bali terdapat penyewaan sepeda motor atau kendaraan roda 4.
2.       Penginapan
Bagi anda yang ingin memanfaatkan momen liburan dan memiliki budget tidak terbatas, anda bisa memilih hotel bintang 3 keatas dengan pelayanan extra. Akan tetapi, bagi anda yang tidak ingin tinggal di hotel anda juga bisa menyewa villa dengan harga terjangkau. Villa adalah pilihan tepat jika anda berlibur bersama keluarga. Hanya saja, jika anda memilih villa, maka anda membutuhkan kendaraan minimal motor atau mobil untuk mengkses objek wisata dan tempat umum lainnya.
Menginap di daerah Seminyak adalah pilihan tepat jika anda ingin dekat dengan objek wisata. Selain itu, daerah kuta juga bisa anda pilih jika anda ingin berlibur dengan nuansa kelas atas.
Sedangkan daerah Uluwatu, menyajikan pemandangan yang lebih alami dan pantai yang lebih indah. Akan tetapi Uluwatu tidak banyak memiliki Bar dan tempat hiburan.
3.       Makanan
Di Bali anda juga bisa menemukan berbagai tempat makan dan restoran. Namun, bagi anda yang beragama Islam anda harus lebih selektif dalam memilih restoran karena di Bali banyak warung makan yang menjajakan makanan dengan menu daging babi.
Solusi terbaik yang bisa anda ambil adalah dengan pergi ke warung makan atau restoran yang biasanya dimiliki oleh warga yang berasal dari jawa atau Banyuwangi. Pada umumnya mereka menyajikan makanan halal yang cocok bagi anda.
4.       Pantai dan alam
Daerah Kuta, Seminyak, Uluwatu, Nusa Dua adalah kota dengan pantai pantai yang indah. Akan tetapi, jika anda ingin menyaksikan keindahan alam budaya dan seni selain di Denpasar, anda bisa pergi ke Ubud , Bedugul dan Singaraja.
5.       Cuaca
Cobalah untuk mengunjungi Bali pada musim panas misalnya pada bulan Februari hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut cuaca di Bali biasanya cerah dan sangat bersahabat. Akan tetapi, jika anda berkunjung ke Bedugul, dimana daerah tersebut adalah daerah pegunungan, sehingga kemungkinan cuaca yang akan anda temui tidak bisa diprediksi. Jadi, jika anda berkunjung ke Bedugul atau daerah-daerah di sekitar Bedugul maka anda harus berbekal jas hujan atau payung.
Semoga tips berwisata ke Bali ini dapat membantu anda dalam berwisata, dan memberikan kenyamanan.

Kamis, 26 Februari 2015

Umbut Rotan, Kuliner Khas Suku Dayak



Selalu ada kuliner baru dengan cita rasa unik yang muncul di berbagai belahan Negara tercinta ini. Kreatifitas dan kebutuhan akan makanan sering melahirkan kuliner bercita rasa tinggi. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas kulinernya masing-masing. Salah satunya adalah sayur Umbut Rotan.
Saya yakin bahwa tidak banyak diantara anda yang mengenal Umbut Rotan.Umbut Rotan layaknya rebung yang merupakan tunas muda dari bambu.Umbut Rotan juga terbuat dari tunas muda akar rotan.

umbut-rotan-kuliner-khas-suku-dayak

Rotan banyak kita temui terutama di pulau Kalimantan. Tanaman ini tumbuh subur dan banyak kita temui di pinggir sungai maupun di rawa-rawa serta di hutan. Suku dayak menyebut rotan dengan kata “uei”.Rotan ternyata memiliki banyak manfaat.Selain dibuat sebagai perabot rumah tangga seperti kursi, meja dan keranjang serta perabotan lainnya,rotan muda juga dimanfaatkan untuk sayur. Pengolahannya tidak terlalu sulit dan rasanya sangat enak dan gurih.
Kuliner Umbut Rotan banyak kita temui terutama di Kalimantan Tengah.Pada awalnya resep ini datang dari suku dayak yang mendiami Kalimantan Tengah, dan kemudian menyebar di masyarakat. Saat ini,Umbut Rotan sudah menjadi salah satu kuliner yang paling banyak diburu ketika seseorang berkunjung ke Kalimantan Tengah.
Namun tidak seperti rebung yang bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti isi lumpia, tepung rebung, keripik rebung, asinan rebung dan lain-lain,umbut rotan hanya dimanfaatkan sebagai sayur.
Cita rasa Umbut Rotan adalah pahit gurih dan kenyal. Pada umumnya Umbut Rotan bisa dimasak gunakanlah bumbu-bumbu sederhana seperti pada rebung.
Makanan khas Kal-Teng ini bisa kita jumpai di beberapa rumah makan tertentu, di Kalimantan Tengah. Diantara rumah makan yang menjual Umbut Rotan adalah Rumah Makan Samba yang terletak di Jalan RTAMilono Nomor 15 Palangkaraya. Harganya pun tidak terlalu mahal hanya Rp.5.000 per porsi.

Lalu bagaimana cara mengolah rumput rotan agar bisa kita nikmati?
Pada umumnya Umbut Rotan terlebih dahulu harus dibersihkan duri-durinya, kemudian kulitnya dibuang dan bagian dalamnya yang berwarna putih serta bertekstur lunak itulah yang diambil.
Bumbu utama rotan adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, dan garam. Selain itu anda juga bisa menambahkan cabe dan tomat.
Bagian dalam rotan yang berwarna putih dan bertekstur lunak itulah yang kemudian diambil, dipotong-potong menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera.Baru kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu yang telah disebutkan di atas.Umbut Rotan biasanya disajikan bersama ikan atau sambal. Jika anda suka, anda juga bisa menyajikannya dengan ubi keladi yang di campurkan pada saat memasak sayur Umbut Rotan.
Pada masyarakat suku dayak, mereka percaya bahwa Umbut Rotan juga memiliki beberapa khasiat, diantaranya adalah untuk menyembuhkan penyakit malaria. Penyakit malaria memang banyak kita temukan di masyarakat Kalimantan yang tinggal bersama di dekat hutan atau di pinggir pinggir sungai.

Rabu, 25 Februari 2015

Alasan Mengapa Anda Harus Berkunjung ke Kepulauan Togean



Mengapa anda harus menghabiskan banyak waktu serta capek-capek berjalan untuk mengunjungi Pulau Togean yang ada di Sulawesi? Togean yang terletak di wilayah tenggara laut Tomini bukanlah tempat yang mudah untuk didatangi.
Namun ada beberapa alasan kuat yang akan membuat anda mengambil segala resiko untuk melakukan perjalanan kesana hingga anda menemukan sebuah keindahan yang sulit dibayangkan.

indahnya-kepulauan-togean

Sejak tahun 90an masyarakat yang tinggal di daerah Kepulauan Togean belum memiliki banyak pengetahuan tentang bagaimana mencintai lingkungan serta menjaganya.Sehingga para nelayan ditempat ini seringkali melakukan berbagai pengrusakan terutama pada terumbu karang.Metode penangkapan ikan dengan menggunakan dinamit, racun sianida, dan berbagaicara buruk lainnya telah menyebabkan masalah serius di tempat ini.
Ikan hiu, kura-kura, dan beberapa ikan lainnya jarang terlihat di tempat ini.Jika dibandingkan dengan Taman Nasional Komodo yang telah dilindungi oleh pemerintah, maka Kepulauan Togean masih jauh dari kata terawat.
Namun, jika anda pergi lebih jauh untuk mendapatkan spot divingmaka anda akan merasa takjub terutama jika anda menyelam dan melakukan snorkeling di kepulauan Togean.
Jika anda ingin menikmati keindahan taman laut di Togean, travel agent seperti Kadidiri Paradise dan Island Retreat sangat kami sarankan untuk anda.Karena mereka memiliki pengetahuan tentang lokasi-lokasi yang terbaik digunakan untuk menyelam.
Akan tetapi, anda tidak harus menyelam untuk menikmati keindahan alam yang disajikan di kepulauan Togean dalam perjalanan pun anda akan melihat berbagai keindahan yang ada di tempat ini.
Kepulauan ini memang sedikit terpencil sehingga mungkin sinyal telepon anda akan sedikit kesulitan.Terlepas dari itu, semua tempat ini benar-benar tenang dan terputus dari keramaian seperti bisingnya suara mobil atau sepeda motor.Transportasi utama di tempat ini adalah perahu.
Tempat ini tidak hanya surga bagi para penyelam tetapi juga tempat yang indah untuk bersantai.Apabila anda datang pada bulan-bulan musim panas seperti bulan april hingga agustus, anda kemungkinan akan bisa menikmati suasana pantai yang sejuk dan tidak terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.Salah satu tempat wisata yang terkenal di Togean yaitu Jellyfish Lake.
Di Togean,penginapan berharga relatif murah dan mudah didapat.Di sini mungkin tidak akan anda temukan hotel bintang 5.Akan tetapi, penginapan-penginapan yang ada di tempat ini sudah sangat layak dan memiliki tingkat kenyamanan yang lumayan.Makanan juga tidak terlalu sulit di Kepulauan Togean karena banyak warung makan atau restoran yang menawarkan menu ikan segar serta salad yang sehat dan nikmat.
Jika anda ingin datang bersama keluarga ke tempat ini, tidak mengapa karena tempat ini memang sangat indah dan menyenangkan.Membuat istana pasir, melakukan senorkeling, mengamati burung enggang, melihat ikan pari di air dangkal, melakukan kegiatan dengan mendayung perahu, bermain dan lain sebagainya, semua bisa anda lakukan bersama keluarga di tempat ini tanpa khawatir.
Rute menuju Kepulauan Togean
Untuk datang ke tempat ini anda bisa terlebih dahulu menuju ke Palu kemudian ke Ampana lalu ke Togean.
Dari Palu, anda bisa menggunakan taksi bandara untuk menuju tempat travel agent, biasanya taksi di tempat ini memiliki tarif sekitar Rp.50.000.Selanjutnya biarkan travel agent menyelesaikan sisanya.Untuk sampai ke Ampana biasanya anda harus merogoh kocek sekitar Rp. 100.000 lebih.
Selanjutnya anda harus melanjutkan perjalanan dari Ampana menuju ke Poso  yang memakan waktu selama 10 jam menggunakan perjalanan darat.Selama perjalanan anda akan melihat berbagai keindahan pulau ini.Selanjutnya anda harus menggunakan perahu untuk menuju ke Wakai dan Malenge.

Selasa, 24 Februari 2015

4 Makanan Khas Surabaya Yang Terkenal

Provinsi jawa timur adalah salah satu provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 47.922 km2. Dengan terdapatnya 29 Kabupaten serta 9 Kota di Jawa Timur, tidak dipungkiri bahwa provinsi ini memiliki banyak sekali budaya dan makanan khas yang tidak perlu diragukan lagi rasanya.

Salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Timur adalah kota Surabaya. Kota yang juga disebut sebagai Kota Pahlawan ini memiliki banyak sekali makanan khas yang unik dan berbeda dari daerah lain.

4-makanan-khas-surabaya-yang-terkenal


Jika anda kebetulan sedang berkunjung ke kota Surabaya, mungkin beberapa kuliner khas surabaya di bawah ini patut anda coba:

Lontong Balap

Makanan yang kalau dilihat hanya tampak seperti lautan tauge ini ternyata menjadi pilihan banyak wisatawan dan masyarakat lokal sebagai kuliner khas Surabaya yang digemari.  Dilihat dari namanya mungkin anda akan terheran dan berpikir seperti apakah makanan ini?

Lontong Balap adalah salah satu kuliner  yang terbuat dari campuran lontong, tahu, kecambah, perkedel yang terbuat dari kacang hijau ( orang surabaya menyebutnya dengan klento ). Yang unik dari makanan khas Surabaya ini, adalah cita rasa yang diciptakan dari sambal yang terbuat dari petis serta taburan seledri yang memberikan aroma khas.

Selain itu, kecambah yang terbuat dari kacang hijau dalam kuliner ini tidak dimasak sampai matang, melainkan hanya dengan air panas saja. Hmmm.. penasaran dengan rasanya ? Anda bisa mencicipi langsung di Warung Lontong Balap Pak Gendut, di jalan Prof Dr Moestopo, Surabaya.

Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan menu khas Kota Surabaya selanjutnya yang patut anda pertimbangkan. Rasanya kurang pas, jika anda tidak mencicipi kuliner satu ini saat berkunjung ke Surabaya.

Rujak Cingur sama seperti  kebanyakan rujak yang kita ketahui. Hanya saja, campuran sayur , tahu, tempe, lontong, serta beberapa buah ditambah dengan cingur kerbau atau sapi. Cingur sendiri adalah bahasa Surabaya yang berarti hidung, jadi Rujak Cingur adalah rujak yang diberi campuran hidung sapi. Anda bisa menikmati kuliner khas surabaya ini di warung Rujak Cingur Achmad Jais jl. Akhmad Jais 40

Rawon Surabaya

Rawon adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang potong dadu atau melebar dengan bumbu warna hitam pekat. Dan ternyata, Rawon juga merupakan kuliner Khas surabaya yang banyak digemari oleh warga lokal maupun wisatawan. Di Surabaya, tempat makan yang menyediakan kuliner rawon yang enak ada di Warung Pojok Moro Seneng (Jl. Pucang Anom), atau di Warung Bu Lilik yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo,  Surabaya.

Semanggi Surabaya

Semanggi Surabaya merupakan kuliner yang tidak bisa ditemukan ditempat lain. Makanan yang sepintas mirip pecel ini memiliki cita rasa yang khas. Bahan utama yang digunakan adalah daun semanggi, yaitu daun yang hanya bisa ditemukan didaerah lembab seperti persawahan.

Daun semanggi hanya dikukus kemudian diberi bumbu semacam bumbu pecel hanya saja lebih kental, kemudian diberi lalapan kerupuk tepung yang super lebar.

Nah uniknya.. saat makan Semanggi ini, anda tidak lagi menggunakan sendok, melainkan hanya memotong sebagian kerupuk dan langsung “kres”, nikmat! Untuk bisa menikmati semanggi surabaya ini, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000 – Rp.7.000 saja. Murah bukan ?

Minggu, 22 Februari 2015

Makna Tersembunyi Dibalik Keindahan Tari Saman



Saya yakin bahwa anda sudah tidak asing lagi dengan nama Tari Saman. Tari Saman sering dipentaskan di berbagai acara termasuk juga acara nasional. Tari Saman ini tergolong unik, karena cara menarinya tidak di bawakan seperti tari pada umumnya. Jika tari pada umumnya banyak melakukan lenggak lenggok serta berfokus pada olah tubuh, makan Tari Saman adalah tari yang dibawakan dengan cara yang boleh dikatakan sangat sopan.

makna-tersembunyi-dibalik-keindahan-tari-saman


Sejarah Tari Saman
Asal Tari Saman adalah dari Suku Gayo. Tarian ini biasanya ditampilkan untuk memeriahkan acara tertentu atau untuk merayakan peristiwa penting. Tari Saman biasanya dibawakan dengan sebuah syair dengan bahasa gayo. Di daerah asalnya, Tari Saman sering ditampilkan pada perayaan maulid nabi. Menurut sejarah yang ada, Tari Saman diciptakan oleh Syekh Saman. Dia adalah seorang ulama yang berasal dari Aceh Tenggara.

Makna Tari Saman
Tari Saman layaknya seperti wayang yang digunakan oleh salah satu dari wali songo yaitu Sunan Kalijaga. Tari Saman digunakan sebagai media dakwah untuk memberikan pengajaran berupa sopan santun, kebersamaan, adat istiadat dan kepahlawanan.
Nyanyian atau syair yang dibawakan dalam tarian ini memiliki ciri khas dan tata cara tersendiri dalam menyanyikannya. Ada 5 pembagian cara menyanyikan syair di cari sama, di antaranya adalah.

·                     Ragum adalah awan yang diawali oleh pengangkat
·                     Dering adalah regum yang diikuti oleh semua penari
·                     Redet adalah lagu singkat yang dinyanyikan oleh seorang penari yang terdapat pada bagian tengah
·                     Syekh adalah lagu yang dibawakan oleh seorang penari dengan suara panjang dan tinggi melengking pemain yg biasa digunakan untuk tanda bahwa penari harus merubah gerak
·                     Sahur adalah lagu yang di nyanyikan bersama sama dan berulang ulang oleh seluruh penari

Lagu atau syair yang dibawakan bersama tarian tidak menggunakan iringan alat musik. Satu satunya alat musik yang diperdengarkan adalah tepuk tangan yang dikombinasikan dengan memukul bagian paha dan dada.

Pementasan Tari Saman
Pada saat pementasan Tari Saman biasanya akan dibuka dengan menampilkan seorang pemuka adat yang mewakili masyarakat dan memberikan nasihat serta beberapa pendidikan bagi pemain dan para penonton. Konsentrasi sangat dibutuhkan ketika memainkan hari ini. Karena keseragaman formasi serta persamaan gerakan sangat dibutuhkan.
Selain di tampilkan pada perayaan maulid nabi, Tari Saman juga sering ditampilkan pada acara-acara tertentu dan digunakan sebagai salah satu tarian penyambut tamu.

Penari Tari Saman
Biasanya Tari Saman dibawakan oleh laki laki dan jumlahnya harus ganjil. Biasanya tarian ini dibawakan 11 orang atau lebih. Akan tetapi pada perkembangannya tarian ini juga sering dibawakan oleh puluhan orang yang dimaksudkan untuk menyebarkan dan membuat tarian lebih atraktif. Jika tarian ini dibawakan oleh 10 penari atau lebih maka satu orang yang mengatur gerakan biasanya disebut Syekh.