Sabtu, 31 Januari 2015

Selayar dan Takabonerate Surga Menyelam di Sulawesi Utara



Pulau Selayar adalah pusat wisata bahari di Provinsi Sulawesi Selatan. Pulau ini adalah bagian dari Taman Nasional Takabonerate. Ini adalah sebuah pulau yang memiliki atau terbesar ketiga di dunia setelah kepulauan Maladewa dan Marshall. Selayar terdapat di Flores dan merupakan pintu gerbang menuju ke Taman Nasional Taka Bonerate.

selayar-dan-takabonerate-surga-menyelam-sulawesi-utara

Kepulauan Selayar memiliki pantai yang indah dengan pasirnya yang berwarna putih dan airnya yang jernih. Anda bisa berenang atau bersantai di pantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar Pulau Selayar. Selain itu, bukit-bukit hijau yang membentang, serta gugusan batu karang memanjang ke arah laut sejauh 200 meter merupakan pemandangan yang luar biasa dari tempat ini. Baca juga : Tips Berwisata Kepantai
Kepulauan Selayar memiliki letak yang sangat strategis terutama bagi anda yang ingin melakukan beberapa kegiatan seperti menyelam, snorkeling atau berenang dan memancing.
Bagian timur dari kepulauan ini adalah tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini juga terdapat banyak resort yang menyediakan fasilitas menyelam dan bisa di sewa dengan harga yang relatif murah. Selayar dan Takabonerate adalah alternatif terbaik untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut selain Raja Ampat, dan Selat Bali. Pulau Selayar yang terkenal akan keindahan bawah lautnya itu memiliki terumbu karang yang sangat luas. Ada sekitar 1 juta hektar terumbu karang yang ada di tempat ini.
Tidak mengherankan apabila Selayar kemudian menjadi salah satu permata laut yang terindah di dunia. Selain itu, alamnya yang masih murni merupakan nilai plus dari tempat ini.
Di tempat ini visibilitas ketika menyelam mencapai 30 meter. Salah satu yang paling menarik dari tempat ini adalah tebing karang hasil letusan gunung berapi. Tak hanya itu, ketika anda menyelam, anda akan banyak menemukan ikan-ikan langka seperti Barakuda, Giant Travelly, Marlin, Sailfish, Dogtooth Tuna, Yellowfin, Wahoo, dan Makerels.

Rute Menuju Kepulauan Selayar
Rute menuju Pulau Selayar dan Taman Nasional Taka Bonerate sebenarnya tidak terlalu sulit. Dari Makassar anda bisa menuju ke Pulau Selayar dengan menggunakan mobil, bus, dan menyeberang menggunakan Ferry. Perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 8 hingga 9 jam.
Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih tentang resort yang ada di pulau ini, yaitu Resorts Selayar Island. Anda bisa mengunjungi www.Selayarislandresort.com, resort ini terletak sekitar pertengahan antara pantai barat Pulau Selayar dan tempat menyelam di bagian timur. Tempat ini menawarkan kamar yang memiliki AC dan memberikan kenyamanan serta beberapa fasilitas modern. Akomodasi yang dimilikinya diantaranya adalah aku akses ke 50 spot diving, perahu, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Selain itu anda juga bisa membuka situs dinas pariwisata kabupaten Selayar yang beralamat di www.Selayartourism.com. Disana anda bisa mendapatkan beberapa informasi mengenai hotel, penginapan, serta panduan berwisata di Pulau Selayar. Selain itu, cobalah untuk mengunjungi www.takabonerate.net untuk menggali informasi lebih banyak.

Pesona Kawah Putih Bandung


Kawah Putih Bandung adalah salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh warga di sekitar Bandung maupun wisatawan yang datang dari luar daerah. Kawah Putih ini mulai terkenal sejak tahun 1837 ketika seorang berkebangsaan Jerman yang mulai meneliti dan menemukan tempat ini.

pesona-kawah-putih-bandung

Sejarah Singkat Kawah Putih
Dikatakan bahwa ahli botani berkebangsaan Jerman tersebut sangat penasaran dengan keadaan di desa yang sangat sunyi dari kicauan burung.Tentu saja ini menyebabkan rasa penasaran serta keingintahuan penyebab fenomena tersebut. 
Berbekal cerita yang beredar di masyarakat, yaitu, terdapat sebuah tempat angker yang selalu menyebabkan burung-burung mati apabila melewatinya, kemudian ahli botani berkebangsaan Jerman tersebut mulai menjelajah dan mencari tahu apakah kebenaran atau fakta yang disampaikan oleh warga tersebut bisa dipercaya atau tidak. Dalam perjalanannya tersebut sang ahli botani kemudian menemukan Kawah Putih. dan ternyata uap dikawah inilah yang menyebabkan burung mati.

Objek Wisata Kawah Putih
Hingga saat ini Kawah Putih merupakan tujuan favorit wisata warga di sekitaran Bandung karena tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah serta tentunya Kawah Putih yang menjadi daya tarik utama.
Selain kawah yang berwarna putih di sekitar tempat ini juga terdapat tanah yang berwarna putih. Kawah yang berada di Ciwidey tersebut sebenarnya adalah kawah yang berada di kawasan pegunungan. Gunung ini tingginya sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut.
Pada musim dingin biasanya suhu di tempat ini turun sangat drastis mencapai 80 celcius.Namun pada hari-hari biasa suasananya lebih hangat dan mencapai 220 celsius.Walau demikian bagi anda yang tidak terbiasa dengan kondisi cuaca dingin kemang, cobalah untuk selalu membekali diri dengan baju hangat atau jaket dan syal.
Kawah Putih memiliki air yang sangat jernih dan kadang-kadang berwarna kehijau-hijauan.Hal tersebut dikarenakan kandungan belerang yang terdapat di sekitar kawah.Bukit-bukit hijau yang ditumbuhi semak belukar merupakan pemandangan yang jamak kita temukan ditempat ini.
Akomodasi Kawah Putih
Akomodasi dan fasilitas di Kawah Putih, akomodasi dan fasilitas sudah lumayan lengkap karena telah memiliki beberapa akomodasi standar seperti area parkir, transportasi, pusat informasi, toilet, restoran dan warung makan.
Akses menuju kawah putih
Untuk mencapai tempat ini anda bisa mengaksesnya dari jalur Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Kopo.Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Soreang.Setelah itu anda akan tiba di Ciwidey.Jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi anda juga masih bisa menggunakan angkot untuk datang ke tempat ini.
Untuk bisa masuk ke kawasan Kawah Putih biasanya anda harus membayar tiket masuk atau biaya kontribusi sebesar Rp. 15.000 per orang.
Namun sangat disayangkan bahwa ongkos parkir di tempat ini sangatlah mahal.Terutama jika anda ingin membawa kendaraan hingga ke dekat lokasi kawah.Untuk parkir di atas, kendaraan roda 4 biasanya dihargai Rp. 150.000, sedangkan roda dua dihargai Rp. 35.000.Namun jika anda tidak ingin biaya terlalu mahal untuk parkir anda bisa parkir di bawah dan berjalan menuju kawah biaya parkir di bawah biasanya Rp. 6.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua.
Tips
Jangan lupa untuk membawa masker jika anda berkunjung ke Kawah Putih.

Jumat, 30 Januari 2015

Trio Gili yang menawarkan Keistimewaan Berbeda, Anda Pilih Yang Mana ?



Di Pulau Lombok ada terdapat banyak gili. Jika kita berbicara mengenai gili, pasti angan kita langsung menuju ke pergi berlibur atau melakukan berbagai kegiatan seperti diving, menikmati keindahan pantai,  berenang dan snorkeling. Ada terdapat banyak gili yang bisa kita tuju di Pulau Lombok ini, yaitu  Gili Meno, Gili Trawangan, dan Gili Air.

trio-gili-yang-menawarkan-keistimewaan

Lalu gili mana yang cocok bagi anda? Karena setiap giri memiliki sensasi serta keindahannya masing-masing. Berikut adalah gambaran Gili Trawangan, Gili meno, dan Gili Air. Sehingga, nantinya anda bisa menentukan sendiri gili mana yang cocok untuk menyegarkan pikiran anda.

Gili Trawangan
Gili Trawangan adalah gili yang terbesar diantara 2  gili yang lain. Di Gili Trawangan terdapat lebih dari 100 hotel besar, penginapan dan resort. Selain itu terdapat juga bar dan gubuk-gubuk yang terletak di pinggir pantai.
Di Gili Trawangan anda bisa menemukan banyak fasilitas serta hotel  yang sebagian besar berada di dekat pelabuhan utama. Selain itu bar dan pusat pusat hiburan yang menyajikan pesta saat malam mulai datang, serta biaya murah adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Gili Trawangan.
Tunggu dulu, yang dimaksud dengan harga murah di Gili Trawangan adalah harga berkisar antara Rp.200.000 hingga Rp.300.000 untuk menginap per malam terutama pada high season. Untuk bungalow yang memiliki fasilitas biasa-biasa saja, biasanya dihargai Rp.600.000 hingga dua kali lipat.
Jika anda menginginkan suasana yang lebih ramai dengan berbagai liburan seperti bar dan yang lainnya, cobalah untuk memilih penginapan yang terletak di dekat dermaga. Akan tetapi jika anda ingin suasana yang lebih tenang dan lebih nyaman anda bisa mencari penginapan yang lebih kedalam.
Beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di Gili Trawangan diantaranya adalah seperti snorkeling, menyaksikan penyu yang bertelur dan menetas di pulau ini, berjemur di pantai  dan diving. Yang berbeda, anda bisa berpesta setiap hari saat malam mulai menjemput.
Gili Meno
Gili Meno adalah gili yang terkecil dari tiga gili yang ada di tempat ini. Di pulau ini suasana sangat tenang dan damai. Boleh dikatakan pulau ini adalah pulau yang memiliki suasana paling tenang. Akomodasi di tempat ini sangat terbatas, selain itu penginapan dan pusat hiburan juga tidak terlalu banyak seperti yang terdapat pada Gili Trawangan.
Akan tetapi Gili Meno memiliki kelebihan tersendiri yaitu  tempat yang paling ramah terutama jika anda berlibur bersama keluarga. Tidak banyak tempat ramai di Gili Meno, akan tetapi pantai dan pemandangan yang ditawarkan oleh tempat ini sangat indah dan menyenangkan. Bukan hanya itu,  untuk berenang dan bermain di pasir juga sangat aman. Gili Meno juga memiliki beberapa spot snorkeling dan beberapa tempat diving yang  tidak kalah menarik dengan apa yang ditawarkan oleh Gili Trawangan.

Gili Air
Gili Air adalah gili terpopuler kedua setelah Gili Trawangan dan merupakan satu satunya dari tiga pulau yang memiliki dihuni oleh penduduk pribumi. Di pulau ini anda akan melihat lebih banyak pepohonan hijau dan terlihat lebih alami. Yang lebih penting dan berbeda dari dua Gili sebelumnya, di Pulau ini memiliki pasokan air.
Gili Air  memiliki alat transportasi yang lebih canggih diantara pulau-pulau yang lain. Pantai yang paling indah yang terdapat di Gili Air adalah pantai yang berada di sisi sebelah barat. Selain itu pantai ini juga adalah tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.
Akan tetapi, perlu anda tahu bahwa tempat ini sangat tidak layak untuk anak anak. Karena Gili Air banyak digunakan oleh orang dewasa untuk bersenang senang.
Sekarang, Gili mana yang akan anda kunjungi ?

7 Lokasi Surfing Terbaik di Indonesia

Sebagai sebuah negara yang memiliki banyak pantai, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara yang paling banyak memiliki lokasi surfing terbaik. Berbagai jenis ombak mulai dari yang sedang hingga yang tingginya mencapai 8 meter ada di Indonesia.Tidak hanya itu, gulungan ombak yang mencapai 7 buah dan datang secara bersamaan juga bisa anda temukan di Indonesia. Jadi, tidak heran apabila banyak wisatawan atau penggemar surfing yang datang ke Indonesia untuk menikmati gulungan ombak yang memacu adrenalin tersebut.

7-lokasi-surfing-terbaik-di-indonesia

Berikut adalah 7 lokasi surfing terbaik di Indonesia yang bisa anda kunjungi, diantaranya adalah:

•    Mentawai Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai adalah salah satu tempat surfing yang memiliki setidaknya 400 titik surfing. Dan salah satu pulau yang ada ditempat ini yaitu Pulau Sipora, memiliki sekitar 49 titik. Tempat ini dinobatkan sebagai salah satu tempat surfing terbaik di dunia oleh CNN.

•    Pantai Pelengkung Banyuwangi

Pantai ini berada di sekitar Desa Grajagan dan termasuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Di tempat ini ombak bisa mencapai 6 hingga 8 meter dan terbentang sepanjang garis pantai sejauh 2 km.

Di pantai pelengkung sering diadakan lomba surfing yang diikuti oleh berbagai peserta dari mancanegara seperti Amerika, Australia, Prancis, Selandia Baru, dan lain-lain.

Seperti yang telah disebutkan bahwa, ombak di tempat ini memang sangat menantang dan bahkan banyak yang menyamakannya dengan salah satu tempat yang paling terkenal di dunia yaitu, Hawaii.

•    Pantai Uluwatu Bali

Jika anda berkunjung ke Bali cobalah untuk datang ke daerah Uluwatu,dimana anda bisa menemukan pantai dengan ombak yang mencapai ketinggian 5 hingga 8 meter.

Mereka yang berkunjung ke Bali dan menggemari surfing biasanya banyak menghabiskan waktu di tempat ini. Selain itu, pemandangan alam yang indah seperti pantai dan tebing-tebing karang menjadi nilai plus yang dimiliki oleh Pantai Uluwatu.

•    Pantai Ombak Tujuh

Lokasi pantai ombak tujuh ada di Sukabumi Jawa Barat. Tempat ini memiliki ombak yang panjang dan digelari Ombak Tujuh. Nama pantai itu sendiri sebenarnya diambil dari ombak yang sering kali berjumlah tujuh buah.Ombak tersebut biasanya akan beriringan dan membuat para Surfer tersenyum kegirangan.

•    Pulau Nihiwatu Sumba Barat

Nusa Tenggara merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan pencinta surfing, dan salah satu tempat yang cukup terkenal dikalangan pencinta surfing adalah Pulau Nihiwatu. Di tempat ini terdapat spot surfing yang berskala internasional. Selain menikmati ombak, anda juga bisa menikmati pemandangan alam serta budaya yang unik dari masyarakat Sumba.

•    Pantai Tanjung Setia Lampung Barat

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini terkenal dengan ombaknya yang mencapai ketinggian 6 hingga 7 meter dengan panjang kurang lebih 200 m. Pantai tanjung setia menjadi salah satu favorit para surfer untuk menguji adrenalin mereka.

•    Kepulauan Nias

Ombak yang selalu ada sepanjang tahun membuat tempat ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, jika anda ingin mencoba surfing di waktu waktu yang tidak normal maka cobalah untuk datang ke tempat ini. Beberapa tempat yang bisa anda datangi diantaranya adalah Pantai Lagundri dan Pantai Sorake.

Daerah yang terletak di Sumatera Utara ini seringkali dikunjungi oleh para pemburu ombak karena tempat ini memiliki ombak terbaik. Dua spot surfing terbaik di tempat ini adalah,The Point dan Indikator.

Kamis, 29 Januari 2015

6 Tempat Belanja Murah di Bandung


Jika anda ingin berbelanja pakaian, maka datanglah ke Bandung, karena Bandung adalah tujuan yang paling tepat berbelanja fashion di Indonesia. Sejak dahulu Bandung sudah terkenal sebagai pusat perbelanjaan pakaian maupun kain. Bandung yang dikenal sebagai Kota Kembang juga memiliki banyak pusat-pusat perbelanjaan yang menawarkan harga murah.

6-tempat-belanja-murah-di-bandung

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Bandung hanya untuk berbelanja. Selain berharga murah, kualitas barang yang di tawarkan pun biasanya di atas rata-rata lho !.

Berikut adalah 6 tempat belanja murah di Bandungyang harus anda kunjungi.

  1.     Cihampelas, sejak dahulu Cihampelas sudah sangat terkenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan di kota Bandung. Berbagai jenis Denim atau Jeans serta aksesoris berbahan kulit banyak dijual di tempat ini dengan harga yang murah.

    Di Cihampelas juga terdapat sebuah tempat nongkrong yaitu Cihampelas Walk yang bisa anda kunjungi karena memiliki suasana yang nyaman. Disini anda bisa berjalan-jalan menikmati keindahan taman serta hiburan dan anda juga bisa berbelanja kuliner karena tempat ini dikelilingi restoran-restoran yang menyajikan makanan-makanan lezat.


  2.     Sentra Kaos Suci atau biasa disingkat dengan SEKOCI adalah salah satu tempat dimana anda bisa menemukan berbagai jenis kaos.Para pedagang kaos di tempat ini diperkirakan ada sekitar 200 pedagang. Selain itu, merk dan kualitas yang ditawarkan merupakan kualitas yang terbaik. Hal itu bisa dilihat dari kemampuan Sentra Kaos Suci bertahan dari maraknya kaos kaos impor.


  3.      Sentra rajutan binong jati, Jika anda ingin mencari pakaian atau hasil rajutan makan Sentra Rajutan Binong Jati adalah tempat yang harus anda tuju. Disini anda bisa menemukan berbagai jenis pakaian serta aksesoris yang dibuat dengan cara dirajut. Sentra Rajutan Binong Jati berada di Jalan Gatot Subroto.


  4.      Pasar Kaget Gasibu beralamat di lapangan gasibu dan hanya buka pada hari minggu. Di pasar ini segala macam barang kebutuhan sehari-hari bisa anda temukan dengan harga yang relatif miring. Di pasar kaget ini, berbagai jenis pakaian, kerajinan tangan, perlengkapan bayi, peralatan sekolah, hingga sayur-mayur dan makanan berjejer rapi dan dijual dengan harga yang pasti murah banget.

    Pasar Kaget Gasibu berlokasi mulai dari monumen Bandung lautan api hingga ke Jalan Diponegoro.


  5.     King shopping center adalah tujuan anda selanjutnya jika anda ingin mencari pakaian, aksesoris seperti sepatu, tas, yang berharga murah dan memiliki kualitas. Di King Shopping Center ini, anda bisa menemukan berbagai pakaian yang cocok digunakan oleh anak muda.

    Sedikit tips, jika anda datang ke tempat ini pada musim liburan, maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan diskon gila-gilaan.


  6.     Pusat perbelanjaan jalan riau dan jalan dago, disinilah pusat distro serta berbagai jenis pakaian anak muda bisa anda temukan. Berbagai merk kaos distro dan pakaian-pakaian yang berbau distro mulai dari yang bermerk antah-berantah hingga yang terkenal bisa anda temukan di tempat ini.
Selain tempat belanja murah, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Bandung, apa saja sih, yuk kita lihat disini !.

Indahnya Objek Wisata Karimunjawa

Jika saat ini anda sedang galau dan ingin mencari tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari pulau Jawa serta tempat wisata yang memiliki alam serta bawah laut yang menakjubkan maka salah satu pilihannya adalah Karimunjawa.

indahnya-objek-wisata-karimunjawa


Di Karimunjawa ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan seperti, diving,bersantai di pantai yang indah, memancing, dan lain-lain.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Karimunjawa sudah tidak diragukan lagi.Ini bisa dibuktikan dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Bahkan, Karimunjawa ditunjuk sebagai salah satu Taman Laut Nasional yang terdiri dari beberapa pulau kecil.

Di tempat ini terdapat beberapa pulau utama, diantaranya adalah: Pulau Menjangan Besar, Pulau Kemujan, Pulau Karimunjawa dan Pulau Menjangan Kecil.

Pemandangan utama di tempat ini adalah pantai dan hutan mangrove. Selain itu, beberapa flora dan fauna juga ada ditempat ini, serta hewan laut seperti kura-kura, ikan hiu, dan berbagai jenis ikan hias juga ikut menyemarakkan suasana.

Jika anda berkunjung ke pulau Karimunjawa, kemungkinan besar anda akan mendapat bonus, yaitu menyaksikan berbagai jenis burung, rusa, dan binatang-binatang lainnya.

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Karimunjawa merupakan salah satu tempat menyelam yang sangat populer. Terumbu karang serta ikan hias yang terdapat di laut Karimunjawa merupakan daya tarik utama dari pulau ini.

Di Karimunjawa juga terdapat banyak kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk lokal, diantaranya adalah ukiran kayu.

Dan sedikit informasi bagi anda bahwa, disini terdapat sebuah tanaman atau sejenis pepohonan yang banyak dicari oleh orang di pulau Karimunjawa. Pepohonan tersebut adalah tanaman Dewandaru.Masyarakat percaya bahwa tanaman Dewandaru dapat membuat seseorang memiliki umur yang panjang.

Akomodasi dan fasilitas di Karimunjawa

Anda bisa menemukan banyak restoran dan warung makan yang menjajakan makanan Indonesia serta seafood. Ikan segar dan udang adalah menu utama yang banyak ditawarkan di rumah makan-rumah makan dan restoran di sini. Rata-rata makanan yang ditawarkan oleh restoran dan rumah makan di Karimunjawa berharga cukup terjangkau dan memiliki menu yang variatif.

Untuk akomodasi,Karimunjawa sudah dilengkapi dengan hotel bintang 4 hingga penginapan penginapan murah seperti homestay dan juga tempat berkemah.

Jika anda ingin datang dan menikmati layanan kelas satu, cobalah untuk datang ke tempat-tempat berikut ini, diantaranya adalah:
•    Kura-Kura Resort yaitu sebuah resort yang dikelilingi oleh pantai berpasir putih serta pohon kelapa dan terumbu karang. Tempat ini sangat menawan dan tentu saja spesial karena ini adalah hotel dengan fasilitas kelas 1.
•    Nirwana Laut Resort,ini juga adalah sebuah resort yang menawarkan layanan mewah dengan fasilitas kelas 1. Selain itu terdapat juga
•    Paradise Resort,resort ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menikmati pemandangan alam di Karimunjawa yang menakjubkan. Resort ini memiliki view nomor satu serta pelayanan yang juga mewah.

Rabu, 28 Januari 2015

Sejuknya Air Terjun Jumog Karanganyar, Solo



Walaupun agak jarang kita mendengar tentang objek wisata di Kota Solo, sebuah kota yang identik dengan kesenian dan batik, bukan berarti bahwa di tempat ini tidak terdapat objek wisata. Beberapa objek wisata yang cukup terkenal seperti Tawangmangu yang menyajikan pemandangan alam nan asri dan indah serta memiliki udara yang sangat sejuk khas pegunungan adalah contohnya.

sejuknya-air-terjun-jumog-karanganyar-solo

Sebelum anda mencapai Tawangmangu, cobalah untuk singgah terlebih dahulu di Air Terjun Jumog Solo. Air terjun ini sebenarnya tidak terlalu terkenal karena baru dibuka pada tahun 2004 lalu. Walau demikian, saat ini sudah banyak pengunjung yang mulai mendatangi Air Terjun Jumog Solo. Hampir setiap hari terlihat pengunjung datang ke tempat ini untuk mandi atau menikmati pemandangan alam serta air terjun.
Menikmati pemandangan alam dan sejuknya air yang bersumber dari air terjun Jumog merupakan salah satu pengalaman yang sangat mengesankan. Hampir setiap hari kita bisa menyaksikan pelangi di tempat ini. Menikmati air diantara sejuknya embun pagi merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk bersenang-senang di sini.

Air Terjun Jumog Solo
Air terjun ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau dan pepohonan yang masih alami. Jika anda ingin meluangkan waktu sejenak untuk menikmati kicauan burung, menikmati sejuknya suasana yang jauh dari keramaian kota, maka tempat ini adalah tempat yang tepat untuk anda.
Banyak dari mereka yang sudah berkunjung ke tempat ini mengaku sangat terkesan dengan Air Terjun Jumog. Walaupun tidak terlalu tinggi, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini terlihat sangat sederhana namun tetap memiliki pesona tersendiri.

Tarif
Jika anda berkunjung ke Air Terjun Jumog Solo, anda akan dipungut biaya sekitar Rp. 3000 per orang. Sedangkan untuk parkir, biasanya akan dikenakan biaya Rp. 1.000 ,- Tempat ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, dan menjadi sumber pemasukan bagi desa dan warga.

Letak objek wisata Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog sendiri terdapat di Kota Solo Jawa Timur. Sejak tahun 2004 lalu, objek wisata ini dibuka untuk umum. Air Terjun Jumog Solo terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Solo.

Rute objek wisata Air Terjun Jumog
Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa memulai perjalanan dari Solo menuju Air Terjun Jumog yang berjarak sekitar 40 km. Cobalah untuk mengambil jalan ke arah tawangmangu lalu ketika anda tiba di karangpandan, ambil jalur ke arah kiri hingga ke Kecamatan Ngargoyoso. Tidak jauh dari tempat itu anda akan menemukan papan yang bertuliskan Air Terjun Jumog. Dari sini anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki melewati jalan setapak hingga ke air terjun.