Senin, 30 November 2015

Berwisata dan Belajar di Taman Pintar Jogja

Taman Pintar adalah sebuah tempat wisata sekaligus tempat belajar dan bermain bagi siswa. Di taman ini setiap pengunjung khususnya siswa akan diperkenalkan tentang sains dan teknologi, di dalam taman ini pun banyak sekali berbagai macam alat peraga sains yang disediakan pengelola. Tujuannya agar pengunjung dapat mempelajari sains dengan menggunakan alat peraga yang telah di sediakan oleh pengelola.

taman pintar jogja


Berbicara mengenai Taman Pintar, tempat ini dibangun dan digagas oleh pemerintah kota Yogyakarta. Disebut “Taman Pintar” karena pemerintah Jogja berharap agar taman mampu menjadi wadah siswa untuk belajar dan berkarya di dunia sains. Proses pembangunannya pun berlangsung dalam 3 tahap yaitu:

1.    Tahap satu pada tahun 2004 dan diresmikan pada 20 Mei 2006 oleh Mendiknas.
2.    Tahap kedua diresmikan pada 9 Juni 2007 oleh Mendiknas dan dihadiri pula oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.
3.    Tahap pembangunan ketiga rampung dan diresmikan pada 16 Desember 2008 oleh presiden.

Nah bagi Anda yang ingin belajar sains Anda mengunjungi Taman ini. Untuk belajar di Taman Pintar sendiri Anda bisa datang ke alamatnya yang berada di jalan Panembahan Senopati no. 1-3 Yogyakarta, taman ini juga dekat dengan beberapa objek wisata Jogja lain seperti Taman Budaya, Museum Vredeburg, Gedung Agung, dan beberapa tempat wisata lainnya.

Wahana yang Ada di Taman Pintar

Ada banyak wahana yang bisa Anda coba untuk berwisata dan tentunya menambah ilmu pengetahuan Anda di sini. Lalu apa saja wahana tersebut? Nah berikut adalah wahana-wahana yang bisa Anda coba:

1.    Gedung Memorabilia 

gedung di taman pintar jogja


Salah satu gedung di Taman Pintar ini mirip seperti musium sejarah, di dalam gedung ini memiliki banyak sejarah-sejarah tentang Indonesia dan Jogja. Sejarah di sini pun beragam seperti:

a.    Sejarah keraton Jogja yang akan membahas mengenai berbagai macam seluk beluk keraton Jogja, sultan Jogja, dan nilai kehidupan warga Jogja.
b.    Sejarah Tokoh Pendidikan yang akan membahas berbegai macam perjuangan tokoh-tokoh pendidikan Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara, KH. Ahmad Dahlan, dan tokoh-tokoh lainnya.
c.    Kepustakaan presiden akan membahas mengenai kehidupan presiden yang pernah menjabat di Indonesia.



2.    Gedung Oval

gedung di taman pintar jogja


Di gedung yang berada di komplek Taman Pintar ini, Anda akan melihat beberapa wahana yang bisa Anda jadikan input untuk pengetahuan Anda. Nah adapun wahana-wahana tersebut adalah:

a.    Aquarium air tawar, tempat ini akan mengajarkan Anda tentang berbagai macam jenis dan karakter biota air tawar.
b.    Zona cuaca iklim di gedung ini akan membahas mengenai berbagai macam gejala dan fenomena alam.
c.    Zona agro akan membahas mengenai perkembangan dunia pertanian dan perkebuanan.
d.    Zona purba akan mengajarkan Anda mengenai kehidupan purba di dunia dan Indonesia.

Selain zona-zona di atas, Anda juga bisa belajar dan berwisata di Taman Pintar ini dengan meilihat zona-zona lainnya di gedung Oval.


3.    Gedung Kotak 

gedung di taman pintar jogja


Anda juga bisa mempelajari berbagai macam hal menarik di gedung ini, Anda bisa mendatangi dan masuk ke gedung ini dan menikmati wahana-wahana berikut:

a.    Perpustakaan, tempat ini akan membantu Anda mendapatkanbuku-buku yang berkwalitas dan cocok untuk menambah ilmu pengetahuan Anda.
b.    Zona kendaraan roda dua, tempat ini akan membantu Anda mengetahui seluk beluk mengenai kendaraan rota dua seperti sedepa motor.
c.    Zona hand on science, tempat ini akan membantu Anda melakukan percobaan sains yang sederhana dengan dipandu oleh pembimbing ada di sana.
d.    Zona pusaka, tempat ini akan membantu Anda menemukan berbagai macam pusaka yang ada di Indonesia.

Nah selain zona-zona di atas, masih banyak lagi zona lain yang bisa Anda lihat dan kunjungi di gedung kotak ini. 

4.    Gedung planetarium

gedung planetarium jogja


Taman Pintar juga memiliki Gedung yang  akan membantu Anda menambah ilmu tentang benda-benda langit. Di sini Anda akan meilihat berbagai macam benda-benda langit, film pendaratan manusia di bulan, juga beberapa pengetahuan akan benda langit lainnya yang di kemas unik.

Kenapa unik? Karena Anda akan mempelajari itu semua dalam bentuk tampilan proyektor, sedangkan untuk layarnya sendiri pengelola menggunakan kubah yang yang berbentuk setengah lingkaran. Baca juga : Daftar Hotel Murah Dengan Fasilitas Mewah Dekat Malioboro


Tiket Masuk Ke Taman Pintar

Untuk belajar dan masuk ke Taman Pintar tidaklah gratis, pasalnya Anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk yang sudah di siapkan pengelola. Untuk tiket masuk sendiri dibanderol dengan harga Rp 10.000,- untuk anak-anak dan Rp 18.000,- untuk dewasa, sedangkan Anda juga akan dikenakan biaya tambahan jika memasuki wahana lain, nah berikut ini adalah daftar wahana beserta biaya tambahanya:

1.    Gedung PAUD – Rp 3.000,- per anak.
2.    Planetarium – Rp 15.000,- per orang.
3.    Wahana Theater 3D – Rp 20.000,- untuk dewasa dan Rp 15.000,- untuk anak-anak.
4.    Wahana Bahari – Rp 4.000,- per orang.

Sedangkan jika Anda ingin belajar porgram kreativitas, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan. Nah adapun program kreativitas dan biaya pelaksanaannya adalah:

1.    Kreasi batik – Rp 5.000,- per orang.
2.    Kreasi gerabah – Rp 5.000,- per orang.
3.    Lukis kaos – Rp 40.000,- untuk dewasa dan Rp 30.000,- untuk anak-anak.
4.     Lukis gerabah – Rp 10.000,- per orang
5.    Program Hand on science – Rp 5.000,- per orang
6.    Presenter TV – Rp 10.000,- per orang.

Nah biaya di atas adalah biaya yang harus Anda keluarkan untuk bisa berwisata dan belajar di Taman  Pintar Jogja,  walaupun biaya tersebut sedikit besar namun tidak menyurutkan niat orang-orang untuk mengunjungi tempat ini. Tempat ini bisa dengan  mudah Anda akses, kenapa? karena tempat yang beralamat di Jalan Panembahan Senopati nomer 1-3 ini dekat dengan pusat kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar